Long and very very late post about KIFF!


Long time no post yeee~
Ngeliat kawan-kawan gue pada lagi rajin-rajinnya ngeblog, gue jadi kepengen nge-blog juga deh. haha latah.
Well, sebenernya sih awalnya gue berniat mau ngelanjutin post tentang paskib, tapi perasaan kok cara bercerita gue berubah ya? Jadi ga enak dibaca gimanaaa gituh.. Jadi, biarlah itu post mendekam di folder draft terus deh kalo gitu. hahaha yaelah bilang aja lupa mau nulis apa lagi, Haps.

Yah sudahlah, lupakan.
Sekarang gue mau cerita tentang kisah gue di Korea-Indonesia Friendship Sharing Concert (KIFC) aja deh. Gimana? Tapi tanpa kisah stalking nya nih. Kalo mau baca kisah stalking gue sih ke LiveJournal gue aja. Tapi tu postingan gue private. Jadi lo harus nge-add gue dulu. hohoho
Oh, buat yg ga tau, KIFC itu bagian dari paduan acara Indonesia – Korea Week dari tanggal 11-16 Oktober 2010 kemaren. Alhamdulillah, gue dapet dua tiket indoor gratis (semua tiket emang dibagiin gratis sih sebenernya) yg dibagiin sama pihak penyelenggara buat nonton KIFC di Tennis Indoor Senayan tanggal 12 Oktober.
Nah, yg mau baca tentang KIFC, silakan lanjuuuut~ But I warn you, this is a verrrry long post. ;D
(Klik judul postingan ini ya untuk lanjut baca.)

***
Seperti yg udah gue tulis tadi, gue Alhamdulillah dapet dua tiket gratis. Niatnya sih emang gue berusaha dapetin tiket buat nonton SHINee (boyband Korea gitudeeeh). Eh pas gue dapet, gue malah bingung mau nonton sama siapa. Soalnya kawan gue banyak yg Shawol (SHINee World – sebutan untuk fans nya SHINee.) Setelah pemikiran yg panjang, akhirnya gue ngajak Dias, temen gue, salah satu kawan spazzing di kpop lovers skype team (KLST.)
Satu temen gue dari KLST juga ada yg dapet tiket, Dini. Bedanya, dia dapet yg VIP. Ade nya juga dapet tiket yg VIP. Bedanya tiket VIP dan indoor saja adalah, gue duduk di tribun, yg VIP di bawah, depan panggung, dan disorot kamera teruss.
Dan sangat sangat disayangkan, KLST itu ada 8 orang, gue, Cindy, Krisna, Widz, Puu, Dini, Asuri, Candra & Dias. Selain gue, Dias n Dini, yg lain hanya dapet tiket outdoor. :/
Oke, langsung ke cerita perjalanan aja ya.
11 Oktober 2010
Gue dan kpop lovers skype team (minus Widz & Asuri) (niatnya) stalking ke Ritz Carlton Hotel tapi tidak berhasil karena ngga ketemu SHINee sama sekali. Gue sama Puu doang sih yg ga berhasil liat SHINee (yet?). Yang lain liat salah satu personil nya. Yah lumayan dah yaaa.
Disini, gue sedih. Karena pada awalnya gue berencana untuk jemput mereka di Soekarno-Hatta brg Puu. Tapi sayang mereka udah nyampe Jakarta jam 3 sore dan saat itu gue masih di sekolah. Eh btw ini mereka yg gue maksud tuh SHINee ya.
Akhirnya sih ya itu tadi, abis pulang sekolah gue sama Puu ke Ritz, nyamperin anak2 KLST yg udah stalking disana dari sore. Kita stalking sampe jam 8/9 malem gitu gue lupa, yg jelas sih gue nyampe rumah jam setengah 2 malem. That’s a secret y i came home that late. kekeke.
Alasan lain kenapa gue sedih adalah karena gue ngga bisa mengusahakan kawan2 gue buat ketemu SHINee. Gue, Dias, Dini sama adenya Dini sih tenang dong, toh kami udah dapet tiket dan pasti bisa ngeliat SHINee live. Tapi yg lain gimana? Belum tentu kan tuh? Dan gue ngga bisa ngelakuin apa-apa buat mereka supaya mereka bisa ketemu SHINee. Well especially buat kawan-kawan spazzing gue, shawol Indonesia yg ngga dapet tiket dan shawol negara lain yg negaranya belom pernah didatengin SHINee.
Oke galauuuuuu.
12 Oktober 2010
Gue sama Dias berangkat jam 10 ke Tennis Indoor Senayan. Tapi beli bunga dulu buat para member SHINee. Yes gals, cewe krudungan yg lo liat bawa banyak buket bunga kaya tukang jualan bunga di senayan itu gue. Hahaha
Gue beli buket bunga gitu isinya bunga seruni putih, mawar merah, bunga matahari kecil-kecil sama daun2an ijo gitu deh disatupadukan. Tu buket pengen gue kasih buat SHINee and the manager ofc.
Si Dias beli satu tangkai mawar putih buat Key (Member SHINee.)
Si Cindy nitip beli satu buket mawar merah buat Jonghyun (Member SHINee) Btw, a bouquet of flowers is what he wants for his birthday. lol.
Si Puu nitip beli satu tangkai mawar pink buat Key n satu buket mawar putih yg mau dia kasih sendiri buat Key.
Btw, when I was choosing the flowers, I kept thinking whether should I buy white or yellow flowers to Key or not? Because deep down in my heart I want to give yellow sunflowers for Key, but I adore how white flowers suit Key so well! But in the end, I didn’t buy anything but a bouquet for SHINee. kekeke

Btw, we have reasons why we want to give them flowers. kekeke. Red flowers mean “I love you”. Yellow flowers mean “Friendship” and white flowers mean “Eternity”. So in my case, my bouquet means -this is how I called it too- The Eternal Friendship Love. They came to Indonesia in order to represent Korean-pop music in Indonesia-Korea Friendship Week, rite? So that I want to tell them that I’m happy about the friendship between Indonesia and Korea and how it would be a very good opportunity for economy cooperation etc, through flowers. kekeke. :)

Oh and pink flowers mean “Love at first sight”.

Oke, balik pake bahasa Indonesia lagi deh ya daripada gue jadi grammar disturber. hahaha.


Lanjut langsung ke konser deh ya.

Kru Arirang (penyelenggara ni konser, channel TV di Korea.RED) bagi-bagi lightstick gratis atau apalah itu disebutnya ke para penonton. Dan itu warnanya beda-beda (really does reminds me of 2PM first concert. kekeke). Gue sama Dias dapet warna biru.



Pictures explain better than me. Sayangnya selain foto-foto ini dan beberapa video cut, yg lainnya diapus (atau terhapus. entahlah. masih misteri.) sama babeh gue. Even the TV recorded one is gone too. Ikhlasin aja dah ya, Haps…

MC konser ini ada dua, si Adrien Lee sama Nadia Mulia. Adrien Lee katanya sih host gitu di Arirang, tapi gue ga tau deh. Nonton Arirang keseringan Pops in Seoul nya doang sih. Hehehe. Btw, Adrien pake batik gitu deh trus Nadia pake hanbok (pakaian tradisional Korea.)

Konser nya dimulai oleh Fushion Korean Traditional “Sinawi“. Mereka ini pemain alat-alat musik tradisional Korea gitu deh. Agak disayangkan sih dari Indonesia ngga ada yg bawa tim gamelan or something gitu.. :/ Btw, grup sinawi ini nyanyiin Bengawan Solo, loooh. Walau ada beberapa pelafalan yg salah (mungkin karena lirik nya ditulis + diubah ke huruf-huruf Korea kali ya) tapi tetep lah keren! :D

Trus dilanjutin sama sambutan-sambutan gitu. Ada Ibu Lee Ba Yong (can’t remember who she is), she said “Terimakasih”. hehehe Niceee.. Trus sambutan dari Ibu Imas Sunarya selaku Dirut TVRI (TVRI juga penyelenggara loh). Trus dilanjutin sama Bapak So Kang Soo. Kalo ngga salah sih beliau ini menteri komunikasi gitu. Trus dia ngomong “Selamat malam, senang bertemu dengan Anda” di awal pidato nya. :D

Abis sambutan, ada VCR gitu deh tentang Indonesia – Korea in numbers. Isinya sih ttg kerjasama atau random info yg ada angka nya antara Indonesia dan Korea.

Selanjutnya ada penampilan dari Padepokan Tari Artina. Mereka nampilin tari Pendet (Bali traditional dance.) Cantik-cantik bangeeet penari nyaaa. Trus masa ada yg mirip Yirang deh!

Trusss ada anak-anak Korea yg tinggal di Indonesia yg tergabung dalam Jakarta Korea Children’s Choir nari saman (Aceh traditional dance.) Imut-imut banget semuanyaaaa. Ya ampun unyu benjeeet~ XD Oke gue mulai spazzing. Sorry. -_-

Trus Jakarta Korea Children’s Choir nyanyiin soundtrack nya Jewel in The Palace yg judulnya Ohnara. Pada inget ngga? Gue sih ngga. Hahaha. Orang-orang di sekitar gue pada ikut nyanyi sih banyak..  hoho gue nya aja yg norak. :p Yg nyanyi itu bertujuh kalo ngga salah. Ada cowo nya gitu dua. Semuanya pada pake hanbok (Korean traditional dress).

The next performer is Gita Gutawa. Dia nyanyiin Parasit sama Aku Cinta Dia di medley gitu. Ngga lipsync. Kostumnya lucu bgt~ Apalagi rok nya~ Aihhh.. x)

Trus Gita Gutawa duet sama Naomi (artis Korea) nyanyiin When You Wish Upon A Star (lagu nya Boyzone kalo ngga salah ya?) Mantap lah pokoknya. Naomi suaranya oke banget! Dia make mini black dress with many zippers on it. Imut!

Ohiya pas Gitgut sama Naomi duet, SHINee sempet keluar gitu ke samping panggung (Kalo di foto di atas, di sebelah panggung bagian green peas). Gila itu semua langsung pada teriak-teriak gitu. Menurut gue sih agak ngga sopan ya, secara Naomi sama GitGut kan lagi tampil. Tapi ya sutralah, they were too excited. And who doesn’t, btw? hahaha I was pumped up too, but I wasn’t screaming that time. kekeke. KATANYA sih, si Onew dadah-dadah gitu. KATANYA loooh. Gue sih liat ada yg dadah-dadah gitu but can’t tell ya who was it. Cause it was tooooo far from my seat. -_-

Trus kalo ngga salah sih abis itu ngobrol bentar gitu sama GitGut n Naomi. GitGut bilang mereka baru hari itu ketemu dan baru hari itu juga latian nyanyi bareng. Hasilnya juga cukup memuaskan. Hebaaaat~! Trus Naomi bilang kalo it’s pleasure to be here blablabla gitu deh. Ngga ngartos sih, dia pake bahasa Korea.

Trus baru deh Naomi nyanyi sendiri. Katanya Naomi waktu press conference sih ini lagu barunya. Nyatanya, gue juga ngga tau ini lagu baru apa lama nya dia. Wong gue juga baru tau ada artis Korea namanya Naomi pas KIFC ini. No offense loh ya. Oh iya, judulnya kalo ga salah Bad Love. Kalo salah bilang ke gue ya. Gue juga ngga yakin nih. :)

Trus another VCR about Indonesia Korea in numbers again.

Dilanjutin sama Son Ho Young yg basa-basi dulu gitu. Dia pake blazer plus celana panjang. Trus nyanyiin lagu yg kalo gue baca di TVRI sih judulnya God dan ini di medley gituu. Yg gue inget sih ada part dia duduk di panggung trus tiba2 nyuruh kita JUMP!. Serunya nih ya, si Son Ho Young ini buka baju di tengah lagu. Jadinya dia cuman pake singlet putih doang gitu. Gile badannya oke punya coy! Ngga salah deh dia kan anak didikan JYPE. Jelas lah badannya jadi. Banget. hahaha. Udah gitu, dia turun panggung terus ke audience. Beuuuh, puas lah itu fans nya Son Ho Young yg duduk paling depan bisa *cough* grepe-grepe *cough* badannya. hohoho. Btw, Son Ho Young itu mantan personil G.O.D keluaran JYP Entertainment. Tau? Walo udah tua, tetep ganteng loh dia. Hohoho

Nah, trus tiba-tiba si DJ Koo (Koo Jun Yup) naik ke panggung terus duet sama Son Ho Young. Judulnya Nan kalo ngga salah. Keren sih. Gue nonton video mereka sebelum konser gitu, si Ho Young sempet bilang gitu kalo ini adalah pertama kalinya dia sama DJ Koo perform bareng aka duet. Wah keren kok. Walo gue ga tau lagu nya tapi asik bgt. hehe.

Trus ngobrol dulu deh. Si Son Ho Young kayanya lagi high kali ya, pas ditanya Adrien apa kesannya tentang Indonesia, dia langsung nyerocos ngomong pake bhs Korea trus ngomong “I LOVE YOU INDONESIA” semangat gitu. hohoho. Trus pas giliran DJ Koo yg ditanya gitu, dia cuma ngomong “I love you” singkat padat dan jelas. hahaha.

Trus next performance, DJ Koo nyanyi On Your Birthday <– Masih ngga yakin juga nih judul lagu nya. Yah pokoknya ini lagu nya lucu deh. Lucu deh dancernya ada yg ndut gitu satu tapi dance nya keren pisaaaan. Trus kostum nya juga lucu. Mereka pake topi yg ada lampu nya gituu kaya penambang bawah tanah, trus sama pake jaket-silau-men gitu. Si DJ Koo pake jaket warna pink. Trus ada dancernya yg make warna kuning kaya yg pernah dipake Jo Kwon waktu perform Ottokajwo. #randominfo. Lagu nya bisa dijadiin buat lagu senam kayanya tuh. Trus ada banyak tuh part-part yg bisa dikasih fanchant. Pas nonton siaran ulang di TVRI gue malah bikin fanchant sendiri yg ga jelas. Teriak-teriak DIJE KOO! SARANGHAE! Sayang I don't have any video to proof it. :(

Selanjutnya The Dance Company naik panggung. Si Nugie bawa-bawa kamera gitu sambil ngerekam. Sebelum nyanyi, mereka basa-basi dulu. Si Pongky ngomong “Annyeonghasseyo” kalo ga salah. Trus mereka nyanyi Say What You Say. Dan disini, penonton ribut lagi. Kenapa? SHINee muncul lagi di sebelah panggung. -_-

Trus interview bentar gitu kan, si Nadia nyuruh mereka memperkenalkan diri. Dengan pede nya, si Pongki bilang kalo namanya Johnny Depp. Trus si Adrien langsung cengar cengir gitu trus bilang kalo Arirang juga bakal nyiarin konser ini. Dan Arirang itu mencakup 188 negara. Hahahaha. Trus si Pongki malu gitu terus nyebut nama asli nya. HAHAHA.

Dan terusss lagi, mereka nyanyi Papa Rock ‘N Roll. SHINee muncul lagi karena abis ini mereka kan naik panggung. Trus daebak thing happened! Pas ending, sempet sengaja ga ada musik gitu, semua penonton nyanyiin part “Papa ngga pulang, Baby. Papa ngga punya uang, Baby. Papa ngga pulang, Baby. Papa ngga bawa uang, Baby” Yah begitulah. Ini daebak abis. Itu satu stadium nyanyi kali (kecuali yg ga tau lagu nya) Kompak ya~ :D

Yak, dan akhirnya, SHINee naik panggung. Langsung perform Ring Ding Dong. Fanchant good. Onew pake kaos plus vest yg dipake Taemin pas press conference tanggal 11 Oktober. LOL. Jonghyun pake kaos + vest macan tutul nya itu. Taemin sangat sangat terlihat seperti remaja pake vest + kaos oblong putih. Key pake vest macan tutul nya itu lagi + celana yg sering di sharing sama Onew. Minho pake kaos + vest kulit gitu. RDD kelar, si Key kalo ga salah nanya “Do have fun tonight?” trus semua langsung teriak “YESSSSS!!!” trus Key langsung jawab “Good. Because the second song is Lucifer” :D

SHINee with Lucifer. Fanchant udah pada khatam nih kayanya. Great work guys! :)

Lucifer kelar, SHINee turun panggung dulu. Mungkin minum. Trus ngobrol bentar. Si Nadia Mulia mau bikin cemburu shawol gitu deh. Dia nanya dia cocok ngga sama Key trus ngerangkul Key gitu. Si Key ngerangkul setengah hati gitu deh dgn senyum maksa nya dia yg biasa. No offense. But that’s how Key expression. Trus memperkenalkan diri. “We are SHINee!” “My name is Onew” <– Dia nyebutnya O-Nuw. Bukan Onyu. Mungkin supaya lebih internasional kali ya. Trus Taemin. Trus Jonghyun cuma ngomong "My name is Jonghyun" gitu trus langsung nunduk. Dia emang lagi sakit waktu itu sih ya. Trus Minho juga kaya Onew, dia nyebut nama nya "Min-Ho" bukannya "Mino". Trus pas Key, dia ngomong "I'm SHINee's Key!" sambil dadah-dadah gitu. Trus yg paling banyak ngomong juga Key.

Trus pas ditanya kesan-kesannya, si Onew teriak “I love you, Indonesia!” yg sukses bikin orang2 pada screaming. Gue termasuk ya. Tapi gue ngga teriak “KYAAAA~” tapi gue teriak “I LOVE YOU TOO!!!”. Hehehe. Btw, not sure juga sih dia blg I love you apa We love you, tapi seinget gue sih dia pake kata “I” bukan “WE” Yg inget, komen disini ya.. :)

Si Minho juga katanya seneng ke Indonesia. Gue lupa dia ngomong apa aja, yg gue inget malah dia salah nyebut “Repackaged” trus diulang-ulang gitu “blablablainkorean repack..repackaged blablablabla” hehehe

Btw, disini sayang bgt proyek nya SHINeendonesia tidak berhasil. Rencana nya, selesai lagu kedua, kita semua bakal nyanyi saengil chukka hamnida buat Key. Emang sih telat, tapi kan setidaknya mau ngasih warm welcome gitu buat SHINee. Tapi ternyata tidak berhasil. Dan waktu itu, sepertinya dalam radius 5 m di tribun, cuma gue yg teriak-teriak gila “SAENGIL CHUKKAE HAMNIDA!! SAENGIL CHUKKAE HAMNIDA! SARANGHAEYO KIM KBUM! SAENGIL CHUKKA HAMNIDA!!!” Oh andai video nya masih ada. I’ll give you guys evidence I really did scream. :/

Trusss SHINee minggir ke pinggir panggung pas Adrien sama Nadia mengucapkan selamat tinggal, it’s good to be here blablabla trus baru deh the final performance by SHINee.

Trus SHINee perform Hello. It was the first international performance of Hello, btw. kekeke. :) Best part kaya nya pas Key did his famous peace sign deh ya. Tapi sayang banget Jonghyun ngga ngelakuin his famous peace sign pas awal. :( Oh trus disini fanchant nya agak ngawur. Yg bagian intro itu ada yg kecepetan, ada juga yg kelambatan. Trus pas reff malah ngaco bgt. Seluruh penonton kayanya sih malah ngikut nyanyi part “Hello hello~” Bukannya ngebales “Hello” nya mereka. Well, ngga semuanya sih. Cuman yg kedengeran ya itu pada ikut nyanyi pas “hello hello~” aja. Trus gue ga tau deh ini feeling doang atau apa ya, pas reff terakhir sebelum rap, si Key kaya bantuin ngingetin fanchant gitu. Dia ikut yg disini:

“Hello, hello (HELLO!) blablabla
Hello, hello, oh yeah baby baby baby girl~”

Trus yg pas akhir juga gue denger yg lanjutin “Hello… SHINee!” atau emang kuping gue yg budek? No?


Kalo soal fanchant, cuman kpopers kali ya yg bakal ngerti apa yg gue tulis di atas. kekeke. mian nee..

Trus abis deh. Balon-balon turun. SHINee turun panggung. Eh sebelum turun kalo ga salah Key bilang “I LOVE YOU INDONESIA!!” trus seluruh fans langsung pada teriak-teriak. Gue sih lagi meratapi kenapa ngga jadi nyanyi saengil chukkae. :/ Oh trus right after they off from the stage, fans pada lari secara liar untuk nyari jalan keluar nya mereka. Gue? Ikut juga sih tapi sutralah. Nyerah duluan. Mereka kan langsung capcus ke bandara buat ngejar pesawat balik ke Korea, soalnya besoknya ada acara KIKO Festival. Dan gue pun akhirnya memilih langsung pulang ke rumah. It was 9 pm or something. I don’t remember.

***
P.S: Sebenernya gue inget ada beberapa detail yg kurang. Tapi gimana lagi dong? Video gue ilang semua. Both live and TV recorded one. Ngga ada yg bisa buat gue inget lagi. Tapi entah kenapa gue inget banget pas SHINee turun panggung gue masih teriak-teriak “SAENGIL CHUKKAE HAMNIDA KIM KIBUM!!!!” kaya orang gila. Dan pas part pertama nya Onew di Hello, gue ngebentuk bentuk hati gitu pake lightstick gue + Dias. Sambil teriak-teriak “CHICKEN!! CHICKEN!! LOOK AT HERE!!” <– Ngga jelas. Banget. Deh. Ah.


***


Pelajaran apa yg bisa didapat dari kisah gue?
Well, the obvious one is to not TOO-biased on one group. Eh? Maksud gue adalah jangan terlalu bias sama suatu grup, atau orang. Buat gue sih gitu ya, gue sadar gue ngga bisa terlalu fokus ke satu boyband/girlband. I’m just a palin kpop-lover after all.

Tapi harus diakui, pas udah nyampe rumah, gue nangis. Nangis karena marah, sedih, kecewa, nyesel, dll. Pokoknya campur aduk deh. Ringkasnya sih gini:
  1. Gue marah sama diri gue kenapa bisa bersikap ngga empati sama sekali sama kawan-kawan gue.
  2. Gue marah sama diri gue sendiri, kenapa gue malah megangin kamera pas SHINee tampil. Kenapa gue bersikeras mau ngerekam padahal gue bisa nyari video mereka di youtube? Kenapa gue ngga menikmati acara nya? Kenapa gue ngga teriak sekenceng-kencengnya saat fanchant padahal gue tau Onew seneng bgt kalo diteriakin sama fans pas manggung? Kenapa gue bela-belain lari-larian nyari mereka? Kenapa gue gitu amat sih suka nya, hah? Mereka kan juga manusia.
  3. Gue sedih ngga bisa bantuin kawan-kawan gue ketemu SHINee. Plus gue ga bisa bo’ong ye kalo gue juga sedih ngga ngeliat SHINee secara jelas gara-gara terlalu fokus sama kamera.
  4. Gue marah sama orang-orang yg nge-grepe/ ngejambak/ ngapain deh yg jelas orang-orang yg seradak-seruduk, berebutan pengen pegang SHINee. Omygodsun, mereka manusia juga kaleeee. Mereka punya perasaan juga. Coba kalo lo yg dipegang-pegang kaya gitu, mau ngga? Ngga kan? Trus juga yg dorong-dorongan, mau nya apa sih? Mau megang mereka? Mau handshake? Mau meluk? Mau cium? Di tengah crowd gitu? Mau jadi temen nya? Hadeh. They don’t even care kali ya. Yg mereka peduliin cuman lo ada disana untuk ngedukung mereka, beli album mereka, beli merch, peduli sama mereka. that’s it. Kalo lo pada ngefans, at least pikiran bahwa lo takut nyakitin artis kesukaan lo pasti pernah terlintas di otak lo barang sekali. Ngga ada fans yg pengen nyakitin idol nya, gue yakin. Cuman kali ini, yg kejadian kemaren itu, cara nya salah. Enuff said.

***

Udeh deh, cape lanjutin ngetiknya.. Silakan dinikmati~
Mudah2an cerita gue berguna atau menginspirasi kawan-kawan pembaca semua~ Terimakasih sudah membaca…. :D Thank you for reading… :D


Much love,
-Happu.
Leave a Reply

